Friday, October 10, 2008

Yuk Pegangan Handrail

Berapa kali dalam sehari anda menggunakan tangga dalam hidup anda? Suatu pertanyaan yang mungkin tidak pernah terbayang dibenak anda bukan. Padahal hampir setiap hari kita menggunakan tangga, baik itu dirumah, di kantor, di mall, atau bahkan dikampus. Mulai dari tangga yang terbuat dari balok kayu, papan, semen, bahkan besi. OK, pertanyaan berikutnya adalah berapa kali dalam setiap menaiki tangga anda berpegangan pada handrail? Setiap kali, seringkali, kadang-kadang, tidak pernah, atau bahkan mungkin anda tidak tahu apa itu handrail. Bagi anda yang tidak tahu handrail adalah pegangan tangan yang ada dipinggiran tangga. Fungsi dasar dari handrail adalah sebagai pencegah jatuh (fall resist), sebuah fungsi yang amat mulia tentunya melindungi para manusia pemakai tangga dari cidera karena jatuh dari ketinggian. Namun sayangnya bila kembali pada pertanyaan berapa kali nada berpegangan pada handrail saat menaiki tangga, maka jawabannya adalah tidak pernah atau kadang-kadang. Anda tidak percaya? Mari kita lihat disekeliling kita. Berapa banyak orang yang berpegangan pada handrail saat mereka berjalan melalui tangga di mall-mall? Berapa banyak pula orang yang berpegangan pada handrail saat mereka sedang menaiki jembatan penyebrangan? Atau bila anda mahasiswa maka tanyakanlah pada diri anda berapa kali saya berpegangan pada handrail saat saya sedang menaiki tangga gedung dikampus?

Tak dapat dipungkiri berpegangan pada handrail saat sedang berjalan menaiki dan menuruni tangga bukanlah hal yang membudaya dimasyarakat kita. Hampir tidak ada orangtua yang mengajarkan pada anaknya untuk selalu berpegangan pada handrail saat naik atau turun tangga. Saya juga belum pernah menemukan guru yang mengajarkan pada muridnya untuk berpegangan pada handrail saat naik atau turun tangga disekolah. Apalagi masih banyak tangga di berbagai lokasi yang bahkan tidak memiliki handrail. Padahal risiko untuk terjatuh pada saat menaiki atau menuruni tangga tidaklah kecil. Kita juga harus ingat bahwa bukan hanya faktor ketinggian saja yang dapat menciderai kita bila terjatuh dari tangga, tetapi juga faktor lingkungan disekeliling tangga tersebut (misalnya bebatuan, palang kayu, tepian dinding yang tajam, dll yang ada disekitar tangga).

Jadi mulai sekarang marilah kita berpegangan pada handrail setiap kita menaiki atau menuruni tangga. Selalu sediakan minimal salah satu tangan kita untuk berpegangan pada handrail. Tubuh kita terlalu berharga untuk diletakkan pada risiko cidera walaupun hanya 1 atau 2 persen saja.

Saat berjalan mungkin hanya segelintir dari kita yang pernah membayangkan akan terjatuh. Saat terjatuh maka hampir kita semua akan berkata ”SEANDAINYA saya berpegangan saat menaiki atau menuruni tangga tadi”

Ingat, penyesalan selalu datang terlambat.

No comments:

BlogCatalog

Writing Blogs - BlogCatalog Blog Directory